Melihat wajah bayi dalam kandungan, Coba USG 4 Dimensi

Salah satu komponen terpenting dalam pemeriksaan kehamilan adalah melakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi (USG).

Seiring perkembangan zaman, teknologi USG pun turut berevolusi. Dari yang pencitraannya dua dimensi (2D) menjadi empat dimensi (4D) atau USG real-time 3D.

USG 4D memperlihatkan kondisi bayi dalam kandungan layaknya hasil rekaman sebuah video. Hasil gambarnya terlihat lebih nyata, dibandingkan USG 2D yang terkesan abstrak.

Dr. Azen Salim, Sp.OG-KFM, Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Fetomaternal RSPI-Pondok Indah, menjelaskan USG 4D memberikan banyak manfaat positif untuk membantu proses kehamilan.

Alkes USG 4 Dimensi
Salah satunya berkaitan dengan pendeteksian dini kelainan bayi atau potensi persalinan dini.

"Dengan USG 4D, bentuk bayi dalam kandungan terlihat lebih jelas, termasuk kelainan jika ada," ujar Azen saat ditemui TRIBUNnews.com dalam bincang media di Ritz Carlton Pacific Place, Kamis (26/9/2013).
Dengan mendeteksi permasalahan lebih awal, calon ibu dan keluarganya bisa membahas langkah-langkah perbaikan dan pertolongan lebih lanjut dan cepat dengan dokter ahli terkait sehingga harapan kesembuhan lebih besar.
Azen menegaskan USG 4D tidak memiliki efek samping pada bayi dan ibu karena menggunakan teknik gelombang suara ultra (tanpa sinar X ataupun mekanisme radiasi lainnya).

Rumah sakit yang telah menggunakan teknologi di antaranya RSPI-Pondok Indah dan RSPI Puri Indah.
SHARE

Idul Akbar

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar